Ingin Bangun Underpass Cibitung, Bekasi Siapkan Rp 52 Miliar

By bachtiar wijaya 11 Agu 2014, 10:06:12 WIBHiburan

BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengalokasikan anggaran sebesar Rp52 miliar dari APBD 2016 untuk membebaskan lahan guna pembangunan underpassCibitung. Pembangunan fisik underpass tersebut menggunakan anggaran dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distakim) Kabupaten Bekasi Jamaludin mengatakan, kebutuhan lahan untuk proyek tersebut sekitar 10.000 meter persegi terdiri dari 76 bidang tanah. "Tahun lalu yang dibebaskan baru 32 bidang," kata Jamal pada wartawan, Minggu, 10 April 2016.

Menurut Jamal, sejumlah warga tak sepakat harga yang diusulkan oleh pemerintah. Sehingga, anggaran sekitar Rp40 miliar dari APBD 2015 untuk pengadaan tanah tak terserap semua. Hanya sekitar Rp23 miliar yang dapat diserap. 

"Tahun ini dilanjutkan, target pengadaan tanah rampung pada akhir tahun," ujarnya. Jamal menuturkan, proses pengadaan tanah tersebut kini sedang dalam penghitungan oleh tim appraisal, setelah ditentukan harga tanah, bangunan, dan lainnya, maka akan disosialisasikan kepada pemilik lahan. 

Jamal menambahkan, kebutuhan lahan untuk pembangunan underpass Cibitung mencapai 10.000 meter persegi sepanjang 400 meter. Adapun, pembangunannya dilakukan setelah proyek underpass Tambun yang kini sedang dalam pengerjaan selesai.

Kepala Sub-Bidang Tata Ruang dan Infrastuktur pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bekasi Evi Mutia menambahkan, proyek tersebut dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan, adapun pemerintah daerah hanya menyediakan lahannya saja.
"Proyek untuk mendukung double-double track," tambahnya


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Berita Mataram 16 Mei 2020, 07:02:01 WIB

    Selain bergerak didorong untuk mencari investor diperlukan oleh NTB, LSM ini diminta untuk menjadi jembatan dalam hal menyelesaikan masalah antara investor dan masyarakat.

    "Kita perlu di NTB bahwa LSM mencari investor yang tepat, terutama di Lombok Tengah investor itu banyak. Teman LSM bisa NTB sebagai LSM di negara maju tidak hanya memecahkan masalah sosial di masyarakat," jelasnya.

    Selengkapnya di Berita Mataram - https://www.wartamataram.com

View all comments

Write a comment